Tuesday, December 17, 2019

Syarah Riyadhus Shalihin Bab 61. Larangan Bersifat Bakhil Dan Kikir Atau Tamak Terhadap Milik Orang.

Allah ﷻ berfirman:
۞وَأَمَّا مَنْ بَخِلَ وَاسْتَغْنَىٰ۞وَكَذَّبَ بِالْحُسْنَىٰ۞فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْعُسْرَىٰ۞وَمَا يُغْنِي عَنْهُ مَالُهُ إِذَا تَرَدَّىٰ۞
“Dan adapun orang yang kikir dan merasa dirinya cukup (tidak perlu pertolongan Allah), serta mendustakan (pahala) yang terbaik, maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kesukaran (kesengsaraan). Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila dia telah binasa.”
(QS. Al-Lail: 92: 8-11)

Allah ﷻ berfirman:
۞وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ۞
“Dan barangsiapa dijaga dirinya dari kekikiran, mereka itulah orang-orang yang beruntung.” 
(QS. At-Taghâbun: 64: 16)

Adapun hadits-hadits (yang berkenaan dengan masalah ini) telah diterangkan pada bab sebelumnya.

Hadits 561.
وَعَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: اتَّقُوْا الظُّلْمَ، فَإِنَّ الظُّلْمَ ظُلُمَاتٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَاتَّقُوْا الشُّحَّ، فَإِنَّ الشُّحَّ أَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ، حَمَلَهُمْ عَلَى أَنْ سَفَكُوْا دِمَاءَهُمْ وَاسْتَحَلُّوْا مَحَارِمَهُمْ » رَوَاهُ مُسْلِمٌ.
Daripada Jabir radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Takutlah kalian akan perbuatan zhalim, kerana perbuatan zhalim itu merupakan kegelapan di hari kiamat. Dan takutlah kalian akan sifat kikir, kerana sifat kikir itu telah membinasakan umat-umat yang ada sebelum kalian, mendorong mereka untuk menumpahkan darah dan menghalalkan yang diharamkan Allah.”

[Shahih Muslim no. 2578]

No comments:

Post a Comment

Syarah Riyadhus Shalihin Bab 78. Perintah Bagi Para Penguasa Untuk Bersikap Lembut Dan Kasih Sayang Terhadap Rakyat Serta Larangan Menipu Rakyat Atau Berlaku Keras Terhadap Mereka Juga Mengabaikan Keperluan mereka.

  Allah ﷻ berfirman : ۞وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ۞ “Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang beriman...