Saturday, January 11, 2020

Syarah Riyadhus Shalihin Bab 64. Keutamaan Orang Kaya Yang Bersyukur, Yakni Orang Yang Mengambil Harta Dari Arah Yang Diridhai Dan Membelanjakannya Ke Arah-arah Yang Diperintahkan.

Allah ﷻ berfirman: 
۞فَأَمَّا مَنْ أَعْطَىٰ وَاتَّقَىٰ۞وَصَدَّقَ بِالْحُسْنَىٰ۞فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْيُسْرَىٰ۞
“Jelasnya: Adapun orang yang memberikan apa yang ada padanya ke jalan kebaikan dan bertakwa (mengerjakan suruhan Allah dan meninggalkan segala larangan-Nya), serta dia mengakui dengan yakin akan perkara yang baik, maka sesungguhnya Kami akan memberikannya kemudahan untuk mendapat kesenangan (surga).”
(QS. Al-Lail: 92: 5-7)

Allah ﷻ berfirman: 
۞وَسَيُجَنَّبُهَا الْأَتْقَى۞الَّذِي يُؤْتِي مَالَهُ يَتَزَكَّىٰ۞وَمَا لِأَحَدٍ عِنْدَهُ مِنْ نِعْمَةٍ تُجْزَىٰ۞إِلَّا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِ الْأَعْلَىٰ۞وَلَسَوْفَ يَرْضَىٰ۞
“Dan (sebaliknya) akan dijauhkan (adzab neraka) itu daripada orang yang sungguh bertakwa. Yang mendermakan hartanya dengan tujuan membersihkan dirinya dan harta bendanya. Sedang ia tidak menanggung budi siapa pun, yang patut dibalas. Hanyalah mengharapkan keridhaan Tuhannya Yang Maha Tinggi. Dan demi sesungguhnya, dia tetap akan berpuas hati (pada hari akhirat, dengan mendapat segala apa yang diharapkan).” (QS. Al-Lail: 92: 17-21)

Allah ﷻ berfirman: 
۞إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ۞
“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Mahateliti termasuk apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Baqarah: 2: 271)

Allah ﷻ berfirman: 
۞لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ۞
“Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.” 
(QS. Âli 'Imrân: 3: 92)

Dan ayat-ayat yang menyebutkan keutamaan berinfak sangat banyak dan sudah diketahui.

Hadits 569.
وَعَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: « لَا حَسَدَ إِلاَّ فِي اثَنَتَيْنِ: رَجُلٌ آتَاهُ اللهُ مَالاً، فَسَلَّطَهُ عَلَى هَلْكَتِهِ فِي الْحَقِّ. وَرَجُلٌ آتَاهُ اللهُ حِكْمَةً فُهُوَ يَقْضِي بِهَا وَيُعَلِّمُهَا » مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ وَتَقَدَّمَ شَرْحُهُ قَرِيْبًا.
Daripada Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu anhu dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak boleh bersifat dengki kecuali pada dua hal: Seorang yang Allah karuniai harta lalu digunakannya di jalan yang benar, dan seseorang yang Allah anugerahi hikmah (ilmu) lalu dia terapkan dan dia ajarkan kepada orang lain.

[Shahih Al-Bukhari no. 73 dan Muslim no. 816]

Hadits 570.
وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: « لَا حَسَدَ إِلاَّ فِي اثْنَتَيْنِ: رَجُلٌ آتَاهُ اللهُ اْلقُرآنَ، فَهُوَ يَقُوْمُ بِهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهارِ. وَرَجُلٌ آتَاهُ اللهُ مَالاً. فَهُوَ يُنْفِقُهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ » مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
Daripada Ibnu Umar radhiyallahu anhu dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak boleh bersifat dengki kecuali pada dua perkara. (pertama) kepada seorang yang telah diberi oleh Allah (hafal/faham) Al-Qur'an, sehingga dia membacanya pada waktu siang dan malam. (Kedua) Seorang yang Allah anugerahi harta lalu dia menginfakkannya pada waktu malam dan siang hari.”

[Shahih Al-Bukhari no. 5025 dan Muslim no. 815]

Hadits 571.
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ فُقَرَاءَ الْمُهَاجِرِيْنَ أَتَوْا رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. فَقَالُوْا: ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُوْرِ بِالدَّرَجَاتِ الْعُلَى. وَالنَّعِيْمِ الْمُقِيْمِ. فَقَال: « وَمَا ذَاكَ؟ » فَقَالُوْا: يُصَلُّوْنَ كَمَا نُصَلِّي، وَيَصُوْمُوْنَ كَمَا نَصُوْمُ. وَيَتَصَدَّقُوْنَ وَلَا نَتَصَدَّقُ، وَيَعْتِقُوْنَ وَلَا نَعْتِقُ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: « أَفَلَا أُعَلِّمُكُمْ شَيْئًا تُدْرِكُوْنَ بِهِ مَنْ سَبَقَكُمْ، وَتَسْبِقُوْنَ بِهِ مَنْ بَعْدَكُمْ وَلَا يَكُوْنُ أَحَدٌ أَفْضَلَ مِنْكُمْ إِلاَّ مَنْ صَنَعَ مِثْلَ مَا صَنَعْتُمْ؟ » قَالُوْا: بَلَى يَا رَسُوْلَ اللهِ، قَالَ: « تُسَبِحُوْنَ، وَتَحْمَدُوْنَ وَتُكَبِّرُوْنَ، دُبُر كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِيْنَ مَرَّةً » فَرَجَعَ فُقَرَاءُ الْمُهَاجِرِيْنَ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالُواْ: سَمِعَ إِخْوَانُنَا أَهْلُ الْأَمْوَالِ بِمَا فَعَلْنَا، فَفَعَلُوْا مِثْلَهُ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: « ذَلِكَ فَضْلُ اللهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَشَاءُ » مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ، وَهَذَا لَفْظُ رِوَايَةِ مُسْلِمٍ.
Daripada Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwasanya, para fakir miskin dari kalangan sahabat kaum Muhajirin datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu mereka berkata, “Wahai Rasulullah orang-orang kaya telah memborong semua pahala dengan derajat yang tinggi dan kesenangan yang abadi.” 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya,
 “Apa maksud kamu semua?” 

Mereka menjawab, “Mereka shalat sebagaimana halnya kami shalat, mereka puasa sebagaimana kami puasa dan mereka bersedekah sedang kami tidak dapat bersedekah, mereka memerdekakan budak sedang kami tidak dapat memerdekakan budak.” 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mahukah kalian aku ajarkan sesuatu yang dengannya kalian dapat mengejar mereka yang telah mendahului kalian dan dapat mendahului orang yang sesudah kalian? Dan tidak ada seorang pun yang lebih utama dari kalian kecuali mereka yang berbuat sama seperti kalian lakukan?” 

Mereka menjawab, “Baiklah wahai Rasulullah.” 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Bacalah tasbih, takbir dan tahmid setiap selesai shalat sebanyak tiga puluh tiga kali.” 

Sesudah itu para fakir miskin dari kaum Muhajirin itu kembali lagi kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, saudara-saudara kami orang-orang kaya mendengar apa yang kami lakukan, maka mereka pun melakukannya.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Itulah karunia Allah yang Dia berikan kepada siapa saja yang Dia kehendaki.” (Ini lafazh Muslim)

[Sahih Bukhari no. 843 Muslim no. 595]

1 comment:

  1. Strange "water hack" burns 2 lbs in your sleep

    More than 160 thousand women and men are trying a easy and SECRET "liquid hack" to burn 2 lbs every night in their sleep.

    It is proven and works with everybody.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Grab a drinking glass and fill it with water half the way

    2) And then use this awesome HACK

    and be 2 lbs skinnier in the morning!

    ReplyDelete

Syarah Riyadhus Shalihin Bab 78. Perintah Bagi Para Penguasa Untuk Bersikap Lembut Dan Kasih Sayang Terhadap Rakyat Serta Larangan Menipu Rakyat Atau Berlaku Keras Terhadap Mereka Juga Mengabaikan Keperluan mereka.

  Allah ﷻ berfirman : ۞وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ۞ “Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang beriman...