Friday, April 10, 2020

Syarah Riyadhus Shalihin Bab 70. Keutamaan Bergaul Dengan Orang Ramai Dan Menghadiri Majlis Yang Dianjurkan Oleh Orang Ramai Dengan Menghadiri Majlis Dzikir, Menziarah Orang Sakit, Menziarah Jenazah, Membantu Keperluan Mereka, Mengajar Orang Yang Memerlukan Di antara Mereka.

Ketahuilah bahwa bergaul dengan masyarakat dengan cara yang saya sebutkan di atas adalah perilaku istimewa yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan seluruh Nabi Shalawatullah wa Salamuhu Alaihim. Demikian juga para Khulafaur Rasyidin, para sahabat dan para tabi'in yang datang sesudah mereka, begitu pula para ulama kaum muslimin dan orang-orang terbaik dari mereka. Inilah madzhab mayoritas tabi'in dan orang-orang yang sesudah mereka. Imam Syafi'i dan Imam Ahmad pun berpendapat seperti ini, begitu pula mayoritas ulama fikih. Allah Ta'ala berfirman, “Tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa.” (QS. Al-Mâ'idah: 5: 2). Ayat ini semakna dengan apa saya sebutkan, banyak sekali dan sudah diketahui.

No comments:

Post a Comment

Syarah Riyadhus Shalihin Bab 78. Perintah Bagi Para Penguasa Untuk Bersikap Lembut Dan Kasih Sayang Terhadap Rakyat Serta Larangan Menipu Rakyat Atau Berlaku Keras Terhadap Mereka Juga Mengabaikan Keperluan mereka.

  Allah ﷻ berfirman : ۞وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ۞ “Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang beriman...