Tuesday, April 30, 2019

Syarah Riyadhus Shalihin Bab 48. Ancaman Menyakiti Orang-orang Soleh, Kaum Yang Lemah Dan Fakir Miskin.

Allah ﷻ berfirman:
۞وَالَّذِينَ يُؤْذُونَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ بِغَيْرِ مَا اكْتَسَبُوا فَقَدِ احْتَمَلُوا بُهْتَانًا وَإِثْمًا مُبِينًا۞
“Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata.”
(QS. Al-Ahzáb: 33: 58)

Allah ﷻ berfirman:
۞فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلاَ تَقْهَرْ، وَأَمَّا السَّآئِلَ فَلاَ تَنْهَرْ۞
Oleh itu, adapun anak yatim maka janganlah engkau berlaku kasar terhadapnya. Adapun orang yang meminta (bantuan pimpinan) maka janganlah engkau tengking herdik.” (QS. Ad-Dhuha: 93: 9-10)

Adapun Hadits-hadits -dalam bab ini-adalah banyak, diantaranya haditsnya Abu Hurairah radhiyallahu anhu dalam bab sebelum ini, yaitu: “Barangsiapa yang memusuhi kekasihKu, maka Aku memberitahukan padanya bahwa ia kuperangi -lihat hadits no. 385-, diantaranya lagi ialah Haditsnya Sa’ad bin Abu Waqqash radhiyallahu anhu yang sebelumnya, dalam bab bersikap lemah-lembut kepada anak yatim -lihat hadits no. 261.

Hadits no. 388.
وَعَنْ جُنْدَبِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: « مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ، فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ، فَلاَ يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيءٍ، فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيءٍ، يُدْرِكْهُ، ثُمَّ يَكُبُّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ » رَوَاهُ مُسْلِمُ.
Daripada Jundub bin Abdullah radhiyallahu anhu dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa yang shalat subuh, maka dia berada dalam perlindungan Allah, oleh kerana itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu daripada kamu semua sesuatu yang berada dalam perlindungan-Nya, kerana jika Allah menuntutnya, nescaya Dia akan mendapatkannya kemudian disembamkan mukanya ke dalam neraka Jahanam.

[Shahih Muslim no. 657]









No comments:

Post a Comment

Syarah Riyadhus Shalihin Bab 78. Perintah Bagi Para Penguasa Untuk Bersikap Lembut Dan Kasih Sayang Terhadap Rakyat Serta Larangan Menipu Rakyat Atau Berlaku Keras Terhadap Mereka Juga Mengabaikan Keperluan mereka.

  Allah ﷻ berfirman : ۞وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ۞ “Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang beriman...